Ayo bergabung bersama Kami, Komunitas Sehat Synergy!

Misi kami sangat sederhana, yaitu membantu Anda mendapatkan kesehatan berkualitas sekaligus memberikan kesempatan kepada Anda untuk membantu banyak orang menjadi lebih sehat. Sebuah misi mulia yang akan membuat dampak besar kepada hidup Anda dan lingkungan orang-orang yang Anda cintai. Saatnya Anda buat hidup Anda lebih bermakna dan bermanfaat buat hidup banyak orang.


Artikel Kesehatan

Bahaya makan malam sebelum tidur

4 Jam Sebelum Tidur Sebenarnya, tak salah untuk mengkonsumsi makanan pada malam hari. Argumen sebetulnya merupakan supaya tak makan dalam jangka waktu 4 jam sebelum tidur. Dengan kata lain, sebaiknya tidur dengan lambung yang telah kosong. Sebab diperlukan waktu kurang lebih 4 jam untuk mencerna makanan, jadi berbagi jeda waktu 4 jam dari sejak Kamu makan hingga waktu tidur. Mengapa demikian?

Jawabannya merupakan sebab saat tidur, tubuh mengeluarkan hormon pertumbuhan 30 menit seusai Kamu tidur. Hormon ini juga dihasilkan pada saat Kamu berolahraga. Ini merupakan hormon yang berperan pada pertumbuhan serta bertugas untuk memecah lemak. Itulah sebabnya anak-anak tak jarang dianjurkan supaya tidur lumayan sebab terus tak sedikit tidur, hormon pertumbuhan yang dihasilkan bakal meningkat serta sangat bermanfaat bagi pertumbuhan serta perkembangan anak. Syarat supaya hormon pertumbuhan bisa keluar dengan sempurna merupakan lambung wajib kosong. Apabila hormon pertumbuhan keluar pada saat tidur, jadi proses penguraian lemak bakal terus meningkat serta tubuh berada dalam kondisi siap membakar lemak. Hasilnya tubuh bakal mudah menjadi langsing. Proses ini disebut sebagai katabolisme.Hormon pertumbuhan bakal terus tak sedikit dihasilkan apabila suhu tubuh dalam kondisi hangat. Tutorial yang bisa dilakukan supaya mencapai kondisi tersebut merupakan dengan melakukan latihan otot selagi 5 menit lalu berendam alias mandi dengan air hangat bersuhu 41 derajat sebelum tidur.

Kebiasaan Makan Sebelum Tidur
Akan terjadi faktor sebaliknya apabila Kamu tidur dengan lambung terisi makanan. Apabila Kamu tidur dalam kondisi ini, jadi hormon pertumbuhan tak keluar jadi tak ada proses pembagian lemak. Sebaliknya, makanan yang ada bakal tertimbun menjadi lemak. Hasilnya, bakal membikin tubuh menjadi gemuk. Proses ini disebut sebagai anabolisme.

Katabolisme serta Anabolisme
Secara singkat, proses katabolisme serta anabolisme bisa digambarkan semacam berikut:

"Tidur dengan lambung kosong » Hormon pertumbuhan dikeluarkan » Katabolisme » Pembagian Lemak » Langsing"
"Tidur dengan lambung terisi makanan » Hormon pertumbuhan tak keluar » Anabolisme » Lemak bertambah » Gemuk"

Agar bisa mendapatkan penurunan berat badan yang maksimal, jadi jangan lupa berolahraga pada esok harinya supaya lemak yang telah terpecah bakal dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk energi. Olahraga yang tepat merupakan olahraga aerobik semacam jalan alias lari pagi. Apabila proses anabolisme yang terjadi (tidur dengan perut terisi makanan), jadi hasilnya tak bakal maksimal meski Kamu melakukan olahraga pada keesokan harinya sebab tubuh wajib mulai dari proses penguraian lemak. Sedangkan pada proses katabolisme, proses penguraian lemak telah terjadi. Hasilnya, lemak yang dihancurkan tak sebanyak apabila ada proses katabolisme pada malam harinya.

Tidak makan 4 jam sebelum tidur bukanlah faktor mudah yang bisa dilakukan, terutama untuk daerah perkotaan. Jalanan macet, lembur alias waktu berteman dengan kawan bisa membikin Kamu pulang ke rumah lebih malam dengan tubuh yang telah lelah serta wajib bangun pagi esok hari. Faktor biasa yang dilakukan merupakan mengisi perut serta tidur untuk menanggulangi rasa kantuk. Mengingat diperlukan waktu 4 jam supaya perut kosong sebelum tidur, Kamu mungkin bisa mencoba untuk makan sebelum pulang ke rumah. Makanan bakal lebih baik apabila Kamu membuatnya sendiri jadi terjaga gisi serta kualitasnya meski bakal sedikit merepotkan.

Jus serta Buah
Cara lain merupakan dengan mengkonsumsi jus alias makan buah pada malam hari. Proses yang diperlukan untuk mencerna jus tak selagi apabila Kamu makan makanan lainnya yang mengandung karbohidrat alias makanan yang mengandung lemak. Apabila makan malam dengan menu biasa memerlukan waktu 4 jam hingga perut kosong, jadi pada pencernaan jus alias buah hanya diperlukan 2 jam hingga perut kosong. Jadi Kamu bisa tidur lebih cepat.

 
DAPATKAN ARTIKEL KESEHATAN DAN DETOX GRATIS!