Ayo bergabung bersama Kami, Komunitas Sehat Synergy!

Misi kami sangat sederhana, yaitu membantu Anda mendapatkan kesehatan berkualitas sekaligus memberikan kesempatan kepada Anda untuk membantu banyak orang menjadi lebih sehat. Sebuah misi mulia yang akan membuat dampak besar kepada hidup Anda dan lingkungan orang-orang yang Anda cintai. Saatnya Anda buat hidup Anda lebih bermakna dan bermanfaat buat hidup banyak orang.


Artikel Kesehatan

Cara Mengecilkan Perut

Perut Anda gendut dan terus membuncit sering bertambahnya usia Anda. Jika Anda saat ini sudah merasa bahwa perut Anda sudah tidak proporsional lagi alias gendut, coba deh beberapa cara alami mengecilkan perut berikut ini:

  1. Olahraga
    Selain akan membantu menggerakkan cairan dalam perut yang dapat menyebabkan perut besar dengan mendorongnya keluar dari jaringan dan masuk aliran darah dimana akan dikeluarkan sebagai keringat atau dibawa ke empedu untuk dikeluarkan sebagai urine. Olahraga akan mengikis lemak yang menimbun didalam perut. Olahraga terbaik untuk mengecilkan perut dan paha adalah Stepping.

    Caranya: Naikkan kedua kaki secara penuh (jangan jinjit) keatas tangga/jingklik yang tingginya 20-30 cm kemudian turunkan kedua kaki sejauh 20-30 cm (jangan jinjit) dari tepi tangga. Lakukan sebanyak 50 kali atau 5 menit kemudian isntirahat dan lakukan lagi. Senam tambahan adalah sit-up dan lakukan peregangan tubuh sebelum dan sesudah olahraga. Sit Up untuk mengencangkan perut, bukan mengecilkan. Jadi bisa saja perut tetap besar tapi kecang kalo di pengang.
     
  2. Menghindari makanan berlemak
    Junk food, makanan yang digoreng dan beberapa jenis daging. Kurangi konsumsi makanan dari bahan bahan penyumbang lemak tersebut. Gantikan posisinya setiap hari dengan banyak sayuran dan buah-buahan. Tidak ada alasan tidak sehat dengan mengkonsumsi berbagai jenis sayuran setiap hari. Dengan menyetop pasokan lemak berlebihan, maka usaha Anda untuk melakukan olahraga untuk mengecilkan perut diatas akan semakin cepat.

 

Jika perut membuncit akibat sebab lain;

  1. Minum air putih
    Jika keperluan perut disebabkan oleh penyimpanan air, Anda sebenarnya dapat mengurangi masalah tersebut dengan minum air lebih banyak. Hal ini akan mencairkan konsentrasi sodium dalam tubuh sehingga meningkatkan jumlah air yang keluar dari sistem. Minum lebih banyak air juga menjamin fungsi empedu efektif untuk mengeluarkan produk sampah. Jangan merubah konsumsi air saat diet karena banyak bahan yang sulit dicerna dan dapat menyebabkan perut menggelembung.
     
  2. Makan perlahan-lahan
    Hindari makan cepat, karena ketika Anda menelan terlalu cepat, setidaknya udara tertahan dalam usus dan membentuk gas yang dapat memicu penggelembungan perut. Selalu duduk saat makan dan kunya makan secara perlahan-lahan. Makanan yang tidak terkunyah menjadi bagian-bagian kecil yang tidak dapat dicerna dengan sempurna yang kemudian menghasilkan banyak gas yang menimbulkan pengelembungan.
     
  3. Mengurangi konsumsi garam
    Terlalu banyak garam dalam diet menambah ekstra sodium terhadap cairan tubuh yang memperlambat mekanisme sehingga mendorong air kelar dari sel. Akibatnya perit terasa penuh dan menggelembung.
     
  4. Konsumsi serat yang tepat
    Serat adalah elemen paling penting dalam diet, tetapi untuk mengimbangi penyimpanan air yang menyebabkan penggelembungan, makanlah serat dalam buah-buahan seperti apel dan pear yang memiliki banyak kandungan air.
     
  5. Awasi pengobatan
    Perut yang mengembang adalah efek samping dari konsumsi. Aspirin kadang-kadang menyebabkan masalah perut yang memicu sembelit dan penggelembungan, termasuk pil kontrasepsi.
     
  6. Hindari Sembelit
    Sembelit didefinisikan sebagai memilki sedikit dari tiga kali buang air besar dalam seminggu atau jika terlibat ketegangan. Sebagai akibat perut terasa menambah besar. Untuk merangsang isi perut, tingkatkan konsumsi serat dari buah-buahan dan sayuran, lakukan secara gradual untuk menghindari fermentasi dan produksi gas yang berlebihan.
DAPATKAN ARTIKEL KESEHATAN DAN DETOX GRATIS!